Tuesday, November 11, 2014

PSEUDO-STEADY STATE

      Pseudo-Steady State merupakan suatu kondisi keadaan dimana efek dari kondisi batas reservoir mulai terasa. Model aliran pseudo-steady state mempunyai asumsi bahwa pada waktu tertentu tekanan pada matriks batuan disetiap titik menurun jika di produksikan dengan laju alir konstan. Kemudian aliran dari matriks ke rekahan sebanding dengan perbedaan tekanan antara tekanan matriks dan tekanan di dekat rekahan. Kondisi Pseudo-steady state juga menganggap tidak ada gradien tekanan unsteady-state pada matriks dengan asumsi bahwa kondisi aliran pseudo-steady state terjadi sejak awal aliran.
Solusi aliran pseudo-steady state di kembangkan oleh Warren dan Root yang memprediksikan bahwa plot semilog profil tekanan pada uji analisis Horner akan menghasilkan dua buah garis lurus yang pararel. Kemiringan garis awal menggambarkan kelakuan homogen dari rekahan sebelum matriks memulai untuk mensuplai fluida ke rekahan. Pada periode ini, formasi berkelakuan seperti reservoir homogen dengan kontribusi aliran seluruhnya hanya berasal dari rekahan.
Selanjutnya kehilangan tekanan pada rekahan semakin besar dan fluida di matriks mulai mengalir ke rekahan sehingga daerah transisi mulai tampak sampai akhirnya terjadi kesetimbangan aliran antara matriks dan rekahan. Pada keadaan ini reservoir juga berkelakuan seperti reservoir homogen tetapi sistem terdiri dari matriks dan rekahan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMfi4CP3SOFMXTXQR2OHiltCvgPsHLzYpP9v4yQhtM2dup84NpurRg8SZXDCtx2Av6GnYXKqwq5hA3xoe6kh32B9VS7cmQSOsa_AcBYp3pZzSxsQoxtitbri2TBXM41oHImLEE41APpBYi/s320/Gambar11.jpg
(Gambar Karakteristik Respon Tekanan oleh Warren dan Root)

Kemiringan garis kedua mengindikasikan permeabilitas total di kalikan ketebalan sistem matriks rekahan. Karena permeabilitas rekahan lebih besar dari permeabilitas matriks, maka kemiringan kedua hampir identik dengan kemiringan awal. Pada kenyataannya bentuk semilog plot dari data pada reservoir rekah alami hampir selalu tidak menunjukkan adanya wellbore storage dan tidak jelas pula pada daerah transisi diantara kedua garis seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar